Rabu, 15 Maret 2017

DINAS PERTANIAN PROV. BANTEN MENG - ANTISIPASI KEBUTUHAN PUPUK CUKUP SIGNIFIKAN MELALUI RDKK THN 2017

Laporan : Nurhayati / Thitan
BP.COM ONLINE , Pupuk Bersubsidi  sebagai acuan bagi kelompok tani, melibatkan Petugas/aparat pertanian dan stakeholder dalam menentukan rencana kebutuhan pupuk bersubsidi bagi kelompok tani,  guna kelancaran penyaluran pupuk bersubsidi diperlukan dukungan pemerintah daerah dalam pelaksanaan pengawasan, pengadaan dan penyaluran, pupuk bersubsidi sangat diharapkan oleh masyarkat , guna menjamin ketepatan penyaluran pupuk bersubsidi kepada petani. Untuk itu Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) Pupuk Bersubsidi tahun 2017 agar benar-benar untuk segera dilaksanakan sesuai dengan Alur pelaksanaan penyusunan Rencana Definitif Kebutuhan kelompok (RDKK).
 Alur penyusunan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (RDKK) untuk tahun 2017 ditingkat Gapoktan melakukanan rekapitulasi RDKK dari poktan dan diketahui Oleh kepala desa/lurah kebenarannya , Rekapitulasi RDKK tingkat kecamatan dari Gapoktan yang telah ditandatangani UPTD dan disetujui oleh BP3K , Rekapitulasi RDKK tingkat kabupaten yang telah diketahui oleh pemimpin kelembagaan kabupaten/kota .
RDKK merupakan alat perumusan untuk memenuhi kebutuhan sarana produksi dan alat mesin pertanian, baik yang berdasarkan kredit/permodalan usahatani bagi anggota poktan yang memerlukan maupun dari swadana petani. Ketidak sesuaian RDKK dengan pengajuan harus di perhatikan oleh pemerintah.
Disamping itu, penggunaan pupuk bersubsidi agar dilaksanakan secara efisien melalui penerapan pemupukan berimbang spesifik lokasi dan standar teknis yang dianjurkan disertai dengan penggunaan pupuk organik.           ( ADV )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar