Jumat, 07 April 2017

Kadistan Banten Sarankan Petani Tanam Kayu Putih secara tumpang sari, dismpimg tanaman lainya

                                          Laporan: Nurhayati


BP.com Lebak ( Rangkas Bitung ) Merupakan wilayah Kabupaten di Provinsi Banten yang mempunyai Area lahan pertanian  sangaat luas  lahan sawah maupun darat yang memiliki lahan tanam tani secara permanen atau pun tumpang sari. Untuk lahan pertanian sawah pada umumnya ditanami padi jika dimusim penghujan.
Disisi lain untuk lahan darat memberi peluang bagi para petani di daerah itu  untuk ditanami tanaman  seperti kacang tanah kacang kedelai, jagung cabi umbi2an dan lainnya melalui upaya khusus (UPSUS) untukmembantu pemerintah dalam upaya  mendukung tercapainya swasembada pangan nasional yang di canangkan beberapa waktu lalu.
“ tersedianya  luasan lahan pertanian yang dimiliki Kab Lebak, saya yakin swasembada pangan nasional rencana pemerintah bersamak distanak banten akan memberikan andil besar dalam pen capaian target tsb,” kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Agus M Tauchid, beberapa waktu lalu kepada  media dan masyarakat setempat.
Selain bisa ditanami tanaman pokok seperti padi, jagung dan kedelai. Lahan yang luas di Lebak ini bisa ditanami tanaman Kayu Putih yang masih muda dengan pola tumpang sari.“Banyak sekali potensi dibidang pertanian yang dapat meningkatkan penghasilan selain tanaman pokok. Salah satunya itu tanaman Kayu Putih,” ujarnya.
Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya mengatakan, dalam rangka mengelola dan memanfaatkan lahan perkebunan untuk kesejahteraan rakyat, pejabat dan pengusaha agar terus bersinergi dalam kegiatan ini.
“Untuk mewujudkan swasembada pangan nasional, harus ada sinergisitas antara pemerintah dan pengusaha. Ini penting dilakukan karena berkaitan dengan pemasaran produk pertanian ini,” katanya.   (adv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar