Frandroid.com

Kamis, 27 Juni 2013

“Pembukaan Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga Madrasah (Aksioma) dan Kompetisi Sains Madrasah Berlangsung Dengan Meriah dan Penuh Kekeluargaan”

Laporan CH




Kota Serang , Rabu 19 juni 2013 Bertempat di Madrasah Aliyah Negeri (MAN 2) Kota Serang di adakan pembukaan Ajang Kompetisi Seni Olah Raga Madrasah (AKSIOMA) dan Kompetisi Sains Madrasah, acara ini di buka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Banten Drs. H. Iding Mujtahidin, M.Pd, ditandai dengan pelepasan balon ke udara, balon AKSIOMA dan KSM, turut hadir pula kepala Bidang Pendidikan Madrasah Drs. H. Machdum Bachtiar, M.Pd, Para Kasi Pendidikan Madrasah Kab/Kota se-Prov. Banten, Para Kasi pendidikan Madrasah di Lingkungan Kanwil Kemenag Banten, Para Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) se-Prov. Banten, dan Para tamu undangan lainnya. Dalam laporannya ketua panitia H. Uus Dusru, S.IP. MM mengatakan Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Madrasah melakukan berbagai upaya dan usaha untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Madrasah, khususnya dalam pengembangan pengetahuan, Keterampilan, kepribadian, Seni, Olah raga dan lainnya.
Ajang kompetisi seni dan Olah raga (AKSIOMA) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Prov. Banten Tahun 2013 merupakan salah satu kegiatan yang memberikan perhatian pada kekuatan jiwa, otot dan otak siswa Madrasah dalam mengembangkan kreatifitas dan prestasi serta mutu madrasah. Kompetisi ini juga merupakan salah satu dari proses pembelajaran dan berekpresi, bertindak sportif, serta beraktualisasi.Ajang kompetisi atau lomba ini akan memberikan kesempatan dan peluang yang sama kepada semua siswa/i Madrasah untuk berkompetisi pada berbagai bidang seni dan olah raga, selain itu kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memberikan layanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan siswa sebagai mana tertuang pada pasal 12 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003.
Kegiatan ini mengambil tema, “MELALUI AJANG AKSIOMA DAN KSM TINGKAT PROVINSI BANTEN KITA WUJUDKAN INTELEKTUALITAS SISWA MENUJU MADRASAH BERKUALITAS”
Adapun tujuan dari kegiatan ini antara lain :

1-Mengembangkan potensi dan kreatifitas siswa
2-Menumbuhkan watak yang jujur, tekun, cermat dan berpandangan terbuka
3-Membangun budaya berkompetisi secara sehat, fair dan sportif
4-Membangun citra Madrasah sebagai basis pengembangan rohani, jasmani, skill dan   intelektualitas
1-Memberi kesempatan dan penghargaan bagi siswa/i berprestasi sesuai dengan minat dan bakatnya untuk dapat beraktualisasi diri
1-Menumbuh kembangkan kepercayaan diri siswa
1-Terbangunnya rasa kebersamaan antar siswa madrasah antar daerah
Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah, Siswa Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah terbaik dalam bidang olah raga dan seni,dan kegiatan ini dilaksanakan satu hari penuh dengan jumlah mata lomba 65 cabang dengan jumlah peserta 520 orang dan 10 official perwakilan kab/Kota se-Prov.Banten, dan juga bekerja sama dengan Pengurus Cabang PASI Kota Serang.
Diakhir laporannya mengatakan mudah-mudahan pelaksanaan Ajang Kompetisi Seni dan Olah raga Madrasah (AKSIOMA} dan Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi Banten tahun 2013, berjalan dengan lancar dan sukses dan dengan kerendahan hati perkenan Bapak Kakanwil Kemenag Prov. Banten untuk memberikan sambutan dan membuka secara resmi acara ini.
Pada kesempatan yang sama dalam sambutannya Kakanwil kemenag Prov. Banten H.Iding Mujtahidin mengucapkan terima kasih kepada Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Para Kasi Bidang Pendidikan Madrasah di Lingkungan Kanwil Kemenag Prov. Banten, Para Kasi Pendidikan Madrasah Kab/Kota se-Banten, Para Kepala Madrasah MI, MTs, MA se-Banten Khususnya Kepala MAN 2 Kota Serang Ibu Hj. Aida yang telah bersedia menyediakan tempat untuk pelaksanaan ajang kompetisi ini, juga ucapan terima kasih kepada seluruh panitia pelaksana yang telah bekerja dengan sekuat tenaga sehingga terlaksananya kegiatan ini.
Pada dasarnya kompetisi ini dibagi menjadi tiga bagian terpenting yaitu, Olah raga , olah seni dan olah otak, maka dengan badan yang sehat, hati yang senang /gembira dan otak yang cemerlang maka bukan tidak mungkin akan melahirkan generasi muda Banten yang membanggakan, diakhir sambutannya beliau mengatakan pemenang/juara dari kompetisi AKSIOMA dan KSM ini akan mewakili Banten ke AKSIOMA dan KSM tingkat Nasional yang akan di selenggarakan di Kota Malang Jawa Timur sekitar bulan September tahun 2013 mendatang dan mudah-mudahan Kontingen AKSIOMA dan KSM Banten menjadi juara umum lagi, tentunya mempertahankan gelar juara akan jauh lebih berat ujar Kakanwil.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar