Rabu, 03 Agustus 2016

Distanak Provinsi Banten Adakan Panen Benih Padi Sumber Di SITANDU Kec. Curug Serang

                                          Laporan: Nurhayati / Thitan



BP.COM.ONLINE Serang, Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten melalui UPTD Balai Benih Induk Tanaman Pangan dan Hortikultura (BBITPH) melakukan panen padi di areal kawasan Sistem Pertanian Terpadu (SITANDU) Kecamatan Curug, Kota Serang,,,,,,( 27 /08- 2016 )
Kepala UPTD BBITPH Agus Laksono dimintai keterangan saat panen berlangsung mengatakan  "UPTD Balai Benih Induk Tanaman Pangan dan Hortikultura mempunyai tugas salah satunya adalah menyiapkan benih sumber seperti benih tanaman pangan (Padi) dengan kelas Benih Dasar (Foundation Seed) untuk keperluan perbanyakan Benih Sebar (Extention seed) di Balai Benih Pembantu di Kab/Kota dan penangkar-penangkar benih binaan kami di Provinsi Banten.
" Hari ini kami  memanen kurang lebih 2 Ha padi sawah di lahan sistem pertanian terpadu yang nantinya hasil produksi ini akan kami jadikan sebagai benih dasar yang kedepan akan diperbanyak menjadi benih sebar yang dapat dijadikan benih oleh petani untuk produksi padi  di  Provinsi Banten yang tentunya melalui tahapan benih pokok terlebih dahulu" lajut Kepala UPTD BBITPH.
Di tempat terpisah, KADISTANAK Provinsi Banten H. Agus M. Tauchid memberikan keterangan tambahan terkait aktivitas yang dilakukan Balai Benih Induk Tanaman Pangan dan Hortikultura "Kegiatan ini merupakan langkah nyata yang kami lakukan melalui UPTD BBITPH Provinsi Banten guna menciptakan sistem perbenihan di Provinsi Banten yang tangguh dan berkelanjutan untuk menjamin pemenuhan kebutuhan benih di masyarakat melalui prinsif 6 tepat: tepat jumlah, varietas, mutu, waktu, lokasi dan harga. Prinsif-prinsif tersebut akan mudah kita capai apabila melibatkan seluruh pelaku usaha perbenihan dalam penyediaan benih bermutu, Koordinasi dengan Balai Benih Pembantu di Kab/Kota dan penangkar-penangkar benih binaan akan kami terus kami lakukan dan jaga. Sehingga kebutuhan akan benih khususnya padi di Provinsi Banten terpenuhi"    ( adv )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar