Senin, 03 Juni 2013

“PEMKOT & DINAS PERTANIAN KOTA SERANG KEMBANGKAN HUTAN PERKOTAAN”

Laporan : CH




….. Serang Pertumbuhan ekonomi yang tinggi, penduduk yang terus bertambah, trasportasi yang kian padat, serta limbah rumah tangga, mengharuskan pemerintah daerah untuk mengelola dan memberlakukan manajemen perkotaan yang lebih intensif.
Guna mengatasi permasalahan lingkungan perkotaan salah satu solusinya yaitu dengan mengembangkan hutan dalam kota.
Guna menciptakan lingkungan yang seimbang, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Pertanian Kota Serang berencana melakukan pengembangan hutan perkotaan.
Kepala Dinas Pertanian Kota Serang, Edinata Sukarya mengatakan, bahwa permasalahan lingkungan perkotaan akibat dari tidak seimbangannya sistem yang disebabkan oleh urbanisasi penduduk, bertambahnya sumber polusi (kendaraan), serta penggunaan lahan.Perkembangan suatu kota biasanya didorong oleh proses urbanisasi. Bertambahnya manusia dalam kota diikuti dengan meningkatnya konsumsi bahan bakar minyak oleh kendaraan yang meningkat seiring kebutuhan manusia akan transportasi. Hal ini berakibat meningkatnya pencemaran dari transportasi, berupa pencemaran panas, gas, kebisingingan dan debu,Sementara debu yang dihasilkan dari transpotrasi dapat menyebabkan kanker paru-paru (silikosis), terutama debu yang mengandung silika. Pencemaran debu juga dapat menyebabkan menurunnya estetika kota, dikarenakan debu-debu menempel dan mengotori fasilitas-fasilitas yang terdapat dalam kota,Dengan adanya hutan kota, kata Edinata, partikel padat yang tersuspensi pada lapisan biosfer bumi akan dapat dibersihkan oleh tajuk pohon melalui proses jerapan dan serapan. “Dengan adanya mekanisme ini jumlah debu yang melayang-layang di udara akan menurun. Partikel yang melayang-layang di permukaan bumi sebagian akan terjerap (menempel) pada permukaan daun, khususnya daun yang berbulu dan yang mempunyai permukaan yang kasar dan sebagian lagi terserap masuk ke dalam ruang stomata daun. Ada juga partikel yang menempel pada kulit pohon, cabang dan ranting,
Guna mendukung pengembangan hutan perkotaan, kata Edinata, tahun 2013 ini pihaknya akan menyediakan bibit tanaman seperti duren, sawo, mangga dan lain sebagainya.Kita juga turut serta dalam program menanam pohon satu milyar. Sebanyak 680 ribu pohon yang sudah ditanam di Kota Serang. Bibit tanaman ini berasal dari berbagai komponen, tidak hanya Dinas Pertanian saja. Ke depan kita menargetkan satu juta pohon ditanam di Kota Serang, bahwa upaya pengembangan hutan kota, diperlukan banyak dukungan dari berbagai pihak. “Dukungan tersebut tidak hanya dari pemerintah kota saja, melainkan juga dukungan dari masyarakat. Dukungan masyarakat sangat diperlukan karena manfaat yang akan dirasakan juga untuk kepentingan masyarakat sendiri,” ujar Kepala dinas pertanian kota serang Edinata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar